Pengenalan Keilmuan Desain Produk Melalui Penerapan Desain Tempat Pensil Hasil Cetak 3 Dimensi Untuk Anak PAUD Di Kecamatan Cibodas Tangerang

Authors

  • Ali Ramadhan Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Muhammad Yanuardi Irfani Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Mesah Nur Sejati Universitas Mercu Buana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.917

Keywords:

Pengenalan, Keilmuan, Desain, Produk, Penerapan

Abstract

Desain diketahui sebagai proses umtuk mewujudkan pemikiran manusia menjadi nyata. Dan desain produk merupakan keilmuan desain yang bertujuan untuk mewujudkan imajinasi manusia sampai menjadi produk yang memiliki fungsi. Sehingga desain produk dianggap sebagai tindakan inisisatif manusia dalam memecahkan maslah dengan menggunakan karya. Anak usia dini merupakan anak yang memiliki perkembangan dan dapat dipengaruhi oleh lingkungannya. Pengetahuan anak usia dini mengenai suatu profesi akan juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Sehingga setiap anak akan memiliki perbedaan sudut pandang mengenai suatu profesi. Dengan adanya pemberian informasi mengenai keilmuan desain produk atau profesi desainer produk maka anak usia dini dapat mengetahui adanya profesi tersebut sehingga dalam waktu dekat, profesi tersebut dapat lebih diperhatikan dan dikenal khususnya anak usia dini. Penggunaan karya desain dan melalui pengenalan profesi kepada anak usia dini. Akan berpengaruh kepada bertambahnya pengetahuan mengenai adanya profesi dan keilmuan desain produk. Sehingga dalam waktu kedepan, profesi dan keilmuan desain produk akan mulai dikenal lebih luas. Selain itu pemanfaatan produk tempat pensil sebagai alat promosi juga menjadikan adanya peluang bagi Masyarakat untuk dapat mengnal produk tidak hanya dari fungsinya saja namun dapat menjadiknnya salah satu alat promosi. Sehingga dari suatu produk dapat menghadirkan peluang lain yang dapat dikembangkan oleh masyarakat secara individu ataupun kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Sri, H. (2022). Proses Manufacture Spare Part Variasi Sepeda Motor Dengan Program Autodesk Fusion 360 Pada Mesin CNC Milling 3 Axis. Inisiasi, 11(1), 9-14.

Dini, J, P. A, U. (2022). Urgensi bahasa inggris dikembangkan sejak anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572.

Edy, M. (2017). Kajian Alternatif Detail Sambungan Untuk Mainan Kayu. Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan Dan Lingkungan, 6(3), 109–124.

Eichholz, K. F., Gonçalves, I., Barceló, X., Federici, A. S., Hoey, D. A., & Kelly, D. J. (2022). How to design, develop and build a fully-integrated melt electrowriting 3D printer. , 58,. Additive Manufacturing, 58, 102998.

Gryaditskaya, Y., Sypesteyn, M., Hoftijzer, J. W., Pont, S. C., Durand, F., & Bousseau, A. (2019). OpenSketch: a richly-annotated dataset of product design sketches. ACM Trans. Graph, 38(6), 232.

Hendriyana, H. (2021). Metodologi Penelitian Penciptaan Karya: Practice-Led Research And Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya Dan Desain. Penerbit ANDI.

Higuchi, T. (2022). Evolutional Supply Chain Management and Strategy: Pencil Supply Chain Case. Frameworks and Cases on Evolutional Supply Chain, 2(10), 1–23.

Hong, Z., Wang, H., & Gong, Y. (2019). Green product design considering functional-product reference. International Journal of Production Economics, 210, 155–168.

Jukepely, M. K. (2022). Design & fabricate 3D printer pencil case/box for student usage. Universiti Teknologi MARA Trengganu.

Katariya, K., Pradhan, A. K., & Bajpai, P. (2022). Matrix Pencil Method Based Oscillation Monitoring-A Case Study in 240-Bus WECC Test System. 2022 International Conference on Intelligent Controller and Computing for Smart Power (ICICCSP), 1–6.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.

Mahdi, N. (2022). Kajian Peran Sketsa Dalam Proses Kreatif Dan Pendidikan Desain (Kasus Pengalaman Belajar Desain Di Era Digital). Lintas Ruang: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, 10(2), 86–97.

Monica, H., & Puspita, Y. P. (2021). “Uji Kelayakan Desain Kemasan Produk Makanan Oleh-Oleh Umkm Jawa Barat Menggunakan Chi-Square.” Jurnal Bahasa Rupa, 5(1), 80–93.

Mutia, M. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education,. Fitrah: International Islamic Education Journal, 3(1), 114–131.

Pereira Pessôa, M. V., & Jauregui Becker, J. M. (2020). Smart design engineering: a literature review of the impact of the 4th industrial revolution on product design and development. Research in Engineering Design, 31(2), 175-195.

Putri, Y., Thamrin, T., Jalinus, N., & Refdinal, R. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Simulasi Visual Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 11(1), 13–18.

Ramadhan, A. (2016). Pelatihan Penggunaan Software AUTOCAD Bentuk 3 Dimensi Sebagai Pelengkap Gambar Kerja. In JAM: Jurnal Abdi Masyarakat (Vol. 2, Issue 1).

Ramadhan, A., Haeril, F. K., & Medina, R. (2019). Kajian Visual Kemasan Sebagai Media Informasi. MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2), 43–55.

Ramadhan, A., Syarifuddin, G., Cahyaningrum, D., & Pribadi, S. (2021). Utilization of Three Dimensional Printers as a Production Tool. International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 418–423.

Relich, M., Nielsen, I., & Gola, A. (2022). Reducing the total product cost at the product design stage. Applied Sciences, 12(4), 19–25.

Richo, Y. (2021). Buku Ajar: Pengantar Desain Produk (Surabaya). CV.Revka Media Prima.

Rusianto, T., Huda, S., Hary Wibowo, D., Kalisahak No, J., & Balapan Yogyakarta, K. (2019). A Riview: Jenis Dan Pencetakan 3D (3D Printing) Untuk Pembuatan Prototipe. Jurnal Teknologi, 12(1), 14–21. https://aaq.auburn.edu/node/9907/take

Rustan, S. (2017). Mendesain Logo. Gramedia Pustaka Utama.

Saggiomo, V. (2022). A 3D printer in the lab: not only a Toy. Advanced Science, 9(27), 2202610.

Singadipoera, H., Kurniansyah, S., Kurniansyah, K., & Lutfy, Eka, B. (2022). Evaluasi Konektor Yang Ergonomi Dalam Perancangan Desain Guna Pemberian Evaluasi Desain Produk Tempat Duduk. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 22(2), 212–221.

Wicaksono, L. H., & Arrahim, M. G. (2024). The Effect Of Annealing Temperature On The Tensile Strength Of Polylactic Acid Filament Printed By 3d Printer. Journal of Renewable Energy and Mechanics, 7(1), 28–35.

Yulianto, R., & Putra, B. I. (2024). Steel Processing Production Process At CV. ABC. Procedia of Engineering and Life Science, 7(1), 505-509.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Ramadhan, A., Irfani, M. Y., & Sejati, M. N. (2024). Pengenalan Keilmuan Desain Produk Melalui Penerapan Desain Tempat Pensil Hasil Cetak 3 Dimensi Untuk Anak PAUD Di Kecamatan Cibodas Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 881–898. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.917

Issue

Section

Articles