Penerapan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Anak Tunarungu Menggunakan Adobe Flash Di SLB Negeri Kota Ambon

Authors

  • Ahmad Thariq Politeknik Negeri Ambon, Indonesia
  • Imanuella Paula Talahatu Politeknik Negeri Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i7.1337

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, TIK, Tunarungu, Adobe flash, Multimedia

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan individu yang memerlukan bantuan pendidikan lebih intensif karena mempunyai kebutuhan khusus baik yang bersifat sementara maupun tetap. Dalam mendukung peningkatan minat dan pemahaman belajar anak tunarungu serta membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran khususnya tentang pengenalan perangkat lunak komputer (TIK) maka pada kegiatan pengabdian kami ini akan dibuat sebuah aplikasi multimedia pembelajaran interaktif. Dalam kegiatan pengabdian ini, model pengembangan perangkat lunak yang digunakan ialah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan software Adobe Flash CS6. Metode yang digunakan meliputi observasi, studi literatur, dan wawancara. Dengan adanya kegiatan pengabdian pembuatan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif untuk anak tunarungu ini guru dapat lebih efektif dalam membuat dan menyajikan materi serta dapat memudahkan pemahaman siswa terhadap konten yang disajikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erna Juherna, Endah Purwanti, Melawati, Y. S. U. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, 4(01), 12–19. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1809

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851610

Kurniawan, Y. I., Yulianti, U. H., Yulianita, N. G., & Faza, M. N. (2022). Gamifikasi Media Pembelajaran untuk Siswa Tuna Rungu Wicara di Sekolah Luar Biasa B Yakut Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 649–661. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.948

Lestari, I., & Pratama, M. (2020). Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran dan Sumber Belajar oleh Guru TIK. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2634

Mardi Fitri, D. G. R. K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424

Mutiara Rachel Runtulalo, Yaulie Deo Rindengan, & Arie Salmon Matius Lumenta. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 209–220.

Nera Artati Lafiana, Hari Witono, L. H. A. (2022). Problematika Guru Dalam Membelajarkan Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 81–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1686

Purba Bagus Sunarya, Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617

Sulistyowati, Suparno, Rosmiati, Sam’ani, Bayu Pratama Nugroho, A. I. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BAHASA ISYARAT DAYAK NGAJU UNTUK ANAK TUNA RUNGU. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(2), 25–30.

Sumaryana, Y., & Hikmatyar, M. (2020). Aplikasi Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). TeIKa, 10(2), 117–124. https://doi.org/10.36342/teika.v10i2.2381

Thariq, A., Tangke, D. M., Andriany, D., & Leleury, C. M. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Anak Disabilitas di SLB Negeri Kota Ambon. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 6(1), 25–30. https://doi.org/10.33506/pjcs.v6i1.2899

Tumanggor, S., Siahaan, P. A., Aruan, J. S., Sitorus, W. W., Manik, I. S., Simare-mare, Y., & Widyastuti, M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Dalam Menggunakan Media. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 25–32.

Wahyu Hidayat, Herry Zulman, Gusril Kenedi, Afnibar, U. (2023). INTEGRASI STUDI ISLAM DAN PROBLEMATIKA TUNARUNGU TERHADAP ANAK KEBUTUHAN KHUSUS. Journal Khafi: Journal Of Islamic Studies, 1(2), 95–114.

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Thariq, A., & Talahatu, I. P. (2024). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Anak Tunarungu Menggunakan Adobe Flash Di SLB Negeri Kota Ambon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2793–2800. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i7.1337

Issue

Section

Articles