Inovasi Design Grafis untuk Meningkatkan Aksesibilitas Informasi di Perpustakaan Demangrejo
DOI:
https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1051Keywords:
inovasi, desain, grafis, aksesibilitas, informasiAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas informasi yang tersedia di perpustakaan melalui penerapan inovasi desain grafis. Metode yang digunakan meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan desain, implementasi, dan evaluasi. Tim pengabdian masyarakat bekerja sama dengan staf perpustakaan, pengguna, serta ahli desain grafis untuk memastikan bahwa desain yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penerapan desain grafis yang inovatif, seperti peta interaktif, ikon yang mudah dipahami, dan tampilan visual yang menarik, mampu meningkatkan kemudahan akses informasi bagi pengunjung perpustakaan. Selain itu, desain grafis yang baru juga berhasil menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan perpustakaan. Evaluasi melalui survei dan wawancara mendalam menunjukkan bahwa 85% pengguna merasa lebih mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan, dan 75% di antaranya menyatakan bahwa perpustakaan kini terlihat lebih modern dan ramah pengguna. Program ini tidak hanya memperbaiki pengalaman pengguna di Perpustakaan Demangrejo, tetapi juga berpotensi menjadi model bagi perpustakaan lain yang ingin meningkatkan layanan mereka melalui desain grafis. Kesimpulannya, inovasi desain grafis merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas informasi di perpustakaan. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan perpustakaan yang lebih inklusif dan modern.
Downloads
References
Amirul Wahid, R. W. Z., & Prayogi, B. (2021). Preservasi Budaya Osing Melalui Internalisasi Budaya Berbasis Sekolah Adat Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(2), 44–59.
Firdaus, M., & Bakti, I. (2024). Pengenalan Penggunaan Google Form Untuk Survei Kepada Warga Darma Bakti, Cengkareng, Jakarta Barat. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 27–35.
Pratiwi, U. (2021). Mudah belajar desain grafis dengan aplikasi Canva. Diva Press.
Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(3), 320–332.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95.
Saputri, O. D., & Rahmawati, R. (2019). Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (Les) bagi Peserta Didik di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Setiawansyah, S., Adrian, Q. J., & Devija, R. N. (2021). Penerapan Sistem Informasi Administrasi Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(1), 24–36.
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 732–742.
Wulandari, Z., Alam, A., Tyas, G. P., & Syahidah, Y. (2021). Webinar Dan Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya meningkatkan promosi produk UMKM. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 45–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moeng Sakmar, Muhammad Immawan Aulia, Rizky Andhika Surya, Panggah Widiandana, Siti Hartinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.